Memahami Jaringan Komputer Era Milenial




Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat seperti komputer atau PC, handphone android, gadget yang saling terkoneksi satu sama lain baik terkoneksi antar perangkat maupun terkoneksi internet dengan tujuan berbagi data, berbagi hardware, berbagi koneksi dan berbagi fungsi melalui media kabel atau gelombang radio / wireless.


Saya akan jelaskan tujuan - tujuan jaringan komputer diatas dengan contoh penerapannya.
a Jaringan komputer berbagi data
Jaringan komputer dapat berbagi data contonhya komputer mengirim data ke komputer lain melalui perangkat bluetooth seperti gambar, teks, audio maupun video. Contoh lain komputer mengirim data ke handphone android atau gadget table melalui aplikasi shareit
b. Jaringan komputer berbagi hardware
Jaringan komputer dapat berbagi hardware artinya semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan dapat menggunakan hardware lain secara bersama sama. Contohya komputer dalam satu jaringan menggunakan printer secara bersamaan menggunakan fasilias sharing printer.Contoh lain komputer dan handphone android dapat mengakses internet secara bersamaaan melalui wifi pada perangkat anccess point.
Diera Milenial ini jaringan komputer tanpa atau tidak terasa sudah sering digunakan entah sadar maupun tidak hal itu dikarenakan perkembangan teknologi digital tidak dapat lagi dibendung. Contohnya pada transportasi sudah adanya aplikasi ojol (ojek online). Maka pelaku ojek harus mau tidak mau mampu mengakses internet melalui handphone android yang merupakan prioritas dalam operasional. Begitu pula penumpang ojol juga harus mampu dan memahami akses internet dan penggunaan perangkat handphone android yang disebut smartphone atau telepon pintar.

Contoh lain perkembangan jaringan komputer saat ini adalah adanya bisnis online dimana pembeli tidak harus datang langsun memilih barang, lalu dimanakah penerapan jaringan komputer ? Oh tentunya ada pada proses koneksi ke jaringan internet baik melalui komputer, smartphone, dan gadget lainnya. Ditambah lagi pada proses pencarian lokasi saat ini menggunakan aplikasi peta online
Share: