Mengenal Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah gambaran atau skema jaringan komputer yang akan dibangun .Dengan topologi seorang network enginger atau teknisi dapat merancang bangun jaringan yang dinginkan. Biasanya topologi juga dapat menentukan hardware dan perangkat jaringan digunakan sehingga dapat diatur pembiayana pembuatan jaringan komputer



Adapun topologi jaringan komputer dibedakan menjadi 2 jenis

1. Topologi fisik adalah gambaran atau skema jaringan yang meliputi fisik berupa komputer, media yang digunakan apakah jaringan menggunakan media kabel atau media gelombang radio wireless  serta perangkat jaringan lain yang mendukung seperti kabel, konektor , hub dan lainnya.
2 Topologi Logikal adalah gambaran atau skema jaringan di lihat dari bagaimana pengaksesan media antar komputer atau perangkat jaringan.

Topologi Fisik diantarnya

Topologi Bus 

Topologi Bus adalah skema atau gambaran jaringan komputer yang dibuat dimana semua komputer terhubung pada kabel pusat atau backbone, dimana kabel yang digunakan adalah kabel coaxial. Dalam merancang jaringan topologi bus ini diperlukan juga konektor cukup banyak yang dapat menghubungkan kabel coaxial dengan konektor yang bernama T-BNC. Pada topologi bus ini komputer hanya dapat mengirimkan data ke komputer lain secara bergantian. Apabila kabel pusat atau backbone rusak maka semua komputer tidak dapat terhubung satu sama lain.



Topologi Ring

Topologi Ring adalah skema atau gambaran jaringan komputer yang dibuat dimana komputer dihubungkan ke komputer lain. Jadi Komputer kesatu disambungkan ke komputer kedua kemudian disambungkan lagi ke komputer ketiga dan seterusnya. Pada topologi ring ini jenis kabel yang digunakan adalah kabel coaxial dengan konektornya T-BNC . Pada jaman sekarang kabel coaxial dapat dikolaborasikan dengan kabel UTP atau STP maupun kabel fiber optik dengan perangkat penghubungnya seperti hub atau switch suda ada por coaxialnya. Selain iut banyak pula konektor converter yang dapat mengatasi permasalahan hub atau switch yang tidak terdapat port coaxial. Pengirim data pada topologi ring adalah bergantian jadi ketika komputer kesatu mengirim data ke komputer kedua maka komputer kedua akan meneruskan ke komputer ketiga dan komputer seterusnya. Maka jika kabel rusak di komputer yang dikirim maka akan menganggu jaringan lain karena langsung diteruskan ke komputer berikutnya.

Topologi Star

Topologi Star adalah skema atau gambaran jaringan komputer yang dibuat dimana semua komputer tersambung ke perangkat hub atau switch  sebagai lalu lintas data. Sehingga kerusakan jaringan tidak mengganggu komputer lain dalam jaringan. Kabel yang digunakan adalah kabel UTP dengan konektor RJ-45. Topologi star ini banyak digunakan sampai sekarang.

Topologi Mesh

Topologi Mesh adalah skema atau gambaran jaringan komputer yang dibuat seperti diagram pohon artinya jika komputer pertama dihubungkan ke komputer kedua maka komputer kedua membentuk cabang lagi. Jadi Komputer dibawahnya komptuer pertama dapat membuat cabang baik satu komputer atau lebih. Untk kabel pada topologi mesh biasanya dapat menggunakan kabel UTP, Coaxial atau fiber optik. Akan tetapi topologi mesh dibuat untuk meningkatkan performa  maka pemilihan kabel yang performa tinggi diperlukan. Pada Topologi mesh tiap komputer harus terdapat dua port atau lebih.

Topologi Logikal diantaranya

Topologi Broacast adalah pengaksesan dimana sebuah komputer pertama dalam jaringan komputer dapat mengirim data ke banyak komputer lain.

Topologi Token Ring adalah pengaksesan dimana setiap komputer dalam jaringan mengirim data ke komputer berikutnya kemudian komputer berikutnya melanjutkan ke komputer berikutnya lagi 
Share: