Tipe dan Desain Jaringan Komputer

Dalam  membangun jaringan komputer kita harus tahu tipe dan desain jaringan komputer. Biasanya tipe dan desain ini lebih banyak terlihat pada  fungsi dan tujuan yang akan dibangun (area jangkauan, kecepatan akses data) dalam jaringan dan yang kedua penggunaan perangkat jaringan / hardware jaringan yang digunakan  untuk fungsi  dan tujuan tertentu.

Adapun Tipe dan Desain Jaringan 
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang lingkupnya berdetakan hanya beberapa kilometer seperti Lab Komputer, Jaringan Kantor dan lain sebagainya. Jaringan LAN memiliki batas area jangkauan 2 km dengan kecepatan transfer data 2Mbps. Jaringan LAN dapat dibangun menggunakan media kabel UTP (Unshieldid Twister Pair) maupun STP (Shildied Twister Pair ) dan konektornya adalah (Registered Jack) RJ-45 kemudian dibutuhkan LAN Card atauNIC (Network Interface Card) dan perangkat hub / switch sebagai lalu lintas data. Selain media kabel dapat juga dibangun dengan gelombang radio atau wireless tentunya dengan perangkat tambahan Access Point untuk menyebarkan sinyallnya dan pada komputer harus terpasang NIC( Network Interface Card) Wireleess untuk menerima sinyal yang dikirimkan Access Point. Dalam jaringan LAN yang terkoneksi dengan internet diperlukan perangkat tambahan Modem Speedy atau layanan lain juga. Contohnya jaringan LAN terkoneksi dengan HP Android sebagai modem maka diperlukan usb converter to fastethernet untuk media kabel atau menggunakan USB penerima sinyal jika menggunakan media gelombang radio / wireless untuk membaca  fasilitas thetring HP android. 

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang lingkupnya luas bisa mencapai jangkauan sampai antar benua. Akan tetapi tergantung pada kebutuhan jaringan yang dibuat untuk masalah jangkauan. Jaringan WAN memiliki batas area ribuan km dengan kecepatan transfer data 64 Kbps. Pada WAN dibutuhkan perangkat router untuk membagi jaringan satu LAN atau lebih. Sehingga banyak yang mengartikan WAN (Wide Area Network) adalah satu jaringan LAN atau lebih yang saling berhubungan untuk berbagi data, berbagi hardware, dan berbagi koneksi. WAN juga dapat dibangun menggunakan kabel atau gelombang radio atau wireless. Sama seperti LAN di WAN juga dapat dikoneksikan dengan internet melalui perangkat modem speedy atau layanan lain juga. Contoh jaringan WAN terkoneksi dengan  internet melalui HP Android sebagai modem. Maka perlu adanya pengaturan pada router yang mengarah ke modem. Perangkat tambahan untuk WAN yang terkoneksi internet melalu HP Android yaitu USB penerima sinyal jika menggunakan gelombang radio / wireless dengan membaca fasilitas thetring HP Android.

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang lingkupnya didalam sebuah kota atau kampus. Batasan area jangkauan jaringan ini tergantung dari perangkat jaringan yang spesifikasinya tinggi. misalnya Teknologi ATM (Asynchronous Transfer Mode) menggunakan Switch ATM dimana fungsinya mengkodekan cell data dalam lalu lintas data dalam jaringan dengan transfer data 48 byte, 53 byte dan 5 byte. Adapun teknologi kedua yang digunakan pada MAN adalah FDDI( Fiber Distributed Data Interface)  menggunakan perangkat yang terdapat teknologi FDDI contohnya Switch dengan port / interfaces FDDI. FDDI menggunkan kabel optic. Selain itu perlu diketahui MAN memiliki batasan area jangkauan sampai 2 km.

SMDS (Switched Multi Megabyte Data Services) adalah kolaborang jaringan komputer LAN, MAN dan WAN menggunakan teknologi IEE802.6DBQ. SMDS dapat menggunakan media kabel maupun gelombang radio atau wireless.

SAN (Storage Area Network) adalah jaringan komputer menggunakan media penyimpanan yang mempunyai kecepatan tinggi teknologi Fiber optik.

SAN(System Area Network) adalah jaringan komputer dengan hardware performa tinggi dan biasa digunakanpada jaringan cluster. Jaringan cluster adlah jaringan komputer dimana server mengendalikan komputer client yang memiliki tugas yang sama contohnya cloud computing.


Share: