Mengidentifikasi Teknologi Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenis beserta Contohnya

Teknologi Jaringan adalah serangkaian interkoneksi antara teknologi yang salain berhubungan satu dengan yang lainnya.






Perkembangan teknologi jaringan berkembang pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan namanya teknologi. Perkembangan teknologi yang signifikan menjadikan perubahan yang mulai merambah dalam berbagai hal yang ditekuni dan didalami oleh teknologi. Perkembangan komputer, sistem data, dalam perangkat keras dan perangkat lunak, hingga ke perkembangan komunikasi. Dengan perkembangan demikian membuat manusia kembali beradaptasi dan menyesuaikan seiring dengna perkembangan tersebut. 








Perkembangan teknologi dalam jaringan sudah dijajaki oleh produsen ternama, bahkan sudah mengembangkan hingga memiliki jaringan tersendiri. Dengan hal seperti ini, membuat persaingan dunia komunikasi dan teknologi semakin menarik . Tidak hanya itu jaringan yang ada bahkan banyak diakses dan mulai dikenal orang banyak tanpa adanya publikasi. 





Memasuki era mileniyal teknologi jaringan sudah banyak diterapkan pada pemasaran global dimana setiap pelaku bisnis maupun konsumen sudah diberi kemudahan dengan adanya komunikasi online, media online. Salah satu contohnya toko online yang sudah menjamur membuka lapangan pekerjaan baru seperti ojek online. Dengan media online membuat periklanan semakin ketat dalam persaingan yang disebut dengan perang harga. Dimana penjualan konvensional sudah sangat tersaingi oleh toko - toko online yang memberikan promo - promo harga yang terjangkau bagi konsumennya.





Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang saling terhubung dengan tujuan berbagi data, berbagi koneksi , berbagi hardware dan lain sebagainya. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan bahkan jutaan node. Node disini merupakan titik jaringan atau center jaringan. Sebuah node biasanya ada komputer atau perangkat lainnya yang merupakan penyedia informasi bagi komputer yang membutuhkan. Namanya komputer server, selain itu printer server juga dapat dikatakan penyedia dengan alasan dapat dipakai bersama - sama dalam sebuah jaringan.

Jenis - Jenis Jaringan 

Ada 3 macam jenis jaringan yaitu
  • Local Area Network (LAN) / Jaringan Lokal
Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung atau sekolah dan biasanya tidak jauh radius atau jarak tempuh 1 km persegi.





  • Metropolitan Ara Network (MAN) / Jaringan metropolitan
 Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan - jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Contohnya jaringan bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank didalam sebuah kota besar dihubungkan satu dengan yang lainnya
  •  Wide Area Network (WAN) / Jaringan area skala besar
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel dibawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara - negara lain.


Protokol

Protokol adalah aturan - aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komouter didalam sebuah jaringan, atutran itu termasuk didalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara - cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik dan tipe -tipe kabel dan kecepatan transfer data
Protokol - Protokol yang dikenal sebagai berikut:

  • Ethernet
  • Local Talk
  • Token Ring
  • FDDI
  • ATM
 Ethernet 






Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA / CD (Carrier Sense Multiple Access/ Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer  memperhatikan kedalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu kedalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas  atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada tranmisi lain didalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi lain didalam kabel.

Local Talk

Local Talk adalah sebuah protokol network yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc untuk mesin - mesin komputer Macintosh. Metode yang digunakan oleh Local Talk adalah CSMA / CA (Carrier Sense Multiple Access with Collison Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD Adapter Local Talk dan cable twister pair khusus dapat digunakan untuk menghubugnkan beberapa komputer melewati port serial.  

Token Ring

Protokol Token dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti cinci. Dalam lingkaran token, komputer - komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin.

FDDI

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode aksesnya digunakan oleh FDDI adalah model token.

ATM

ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155Mbps atau lebih. ATM mentransmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain menstransfer pada besar kecilnya paket.

Share: